Thursday, August 25, 2011

Takut Akan Tuhan

HIKMAT ADALAH AWAL PENCIPTAAN
<Amsal 8:22> Tuhan telah menciptakan aku (Hikmat) sebagai permulaan pekerjaanNYA, sebagai perbuatanNYA yang pertama-tama dahulu kala.

CARA MEMPEROLEH HIKMAT
<Mazmur 111:10> Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan…
Takut akan Tuhan adalah keputusan sikap
  • Mengasihi Tuhan lebih dari siapapun & dalam segala situasi
  • Menyadari akan ke’Mahahadiran Allah
  • Menghormati Tuhan lebih dari siapapun
1. Takut akan Tuhan memberi “PENGERTIAN” melihat gambar utuh kehidupan
<Amsal 1:7> Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan
Iblis mengerti akan hal tersebut. Karena itu Iblis mencobai adam dan hawa dgn menyinggung “HIKMAT” sebagai sesuatu yang Tuhan sembunyikan dari manusia. 
<Kej3:4-5>Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.”
Karena “HIKMAT” Salomo dapat mengerti “Segala sesuatu indah pada waktunya”. Kenapa kita perlu HIKMAT …?

KEMAMPUAN UTK MENILAI & MENGERTI SEGALA SESUATU
<Amsal 1:20-33>Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan

KEMAMPUAN MENDENGAR KEHENDAK TUHAN
<Yohanes 15:15> Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

MENJADIKAN IBLIS LARI DARI KEHIDUPAN KITA
<Yakobus 4:7> Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

MEMBUAT KITA KONSISTEN DAN BERKEMENANGAN
<Efesus 6:13> Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

2. Takut akan Tuhan…. Adalah PERSIAPAN DIRI
<2Korintus 7: 1> Saudara-saudara kekasih,karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, Marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan Demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

3. Takut akan Tuhan… Memper”PANJANG UMUR”
<Amsal 10:27> Takut akan Tuhan memperpanjang umur…

4. Takut akan Tuhan… mendatangkan “KEBAHAGIAAN”
<Mazmur 112:1-10> 1 Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.
  • ANAK CUCUNYA PERKASA DIBUMI. Keturunan orang benar mengalami kemurahan Tuhan – Captivated. <Mazmur 112:2> Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.
  • DIMAMPUKAN MENIKMATI BERKAT. Rumah adalah tempat kita menikmati hidup. Orang benar tidak hanya diberkati, namun juga diberi kuasa menikmati berkat <Mazmur 112:3> Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.
  • JALAN KELUAR ADALAH KEPASTIAN BAGI ORANG BENAR. Hikmat selalu mendatangkan jalan keluar dalam setiap masalah. Bagi mereka yang takut akan Tuhan masalah tidak pernah mampir lama. <Mazmur 112:4> Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yg adil.
  • DIINGAT SEBAGAI ORANG BAIK. Mereka yang takut akan Tuhan akan bertindak dengan cara-cara yang benar. Setiap tindakan yang dilakukan dalam kebenaran selalu diperhitungkan Tuhan, demikian juga orang lain mengingatnya. <Mazmur 112:6> Sebab ia takkan goyah untuk selama-lamanya; orang benar itu akan diingat selama-lamanya.
  • MAMPU MELIHAT DALAM DIMENSI TUHAN. Hikmat memberikan kemampuan melihat gambar utuh kehidupan. Sehingga potongan gambar celaka tidak member pengaruh yang berarti. <Mazmur 112:7> Ia tidak takut kepada kabar celaka, hatinya tetap, penuh kepercayaan kepada TUHAN.
  • MENGALAMI KELIMPAHAN HIDUP. Kebahagiaan orang benar didapat dari pengertiannya akan kepemilikan Tuhan atas apa yang ada padanya. Pengertian tersebut mendatang pikiran dan perasaan berkelimpahan. <Mazmur 112:9> Ia membagi-bagikan, ia memberikan kepada orang miskin; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan.
Kehidupan saat ini di bumi adalah tentang Tuhan, bukan tentang kita. Namun kasihNYA di sorga selalu membicarakan tentang kita di bumi. MiliIki gambar utuh tentang kehidupan yang sedang anda jalani. Jadilah berbahagia karena sikap TAKUT AKAN TUHAN.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment